Login Page
#MasukPortaverse#Login#Daftar#Sign-in
Last updated
Was this helpful?
#MasukPortaverse#Login#Daftar#Sign-in
Last updated
Was this helpful?
Login Page Portaverse dirancang untuk mempermudah akses dengan fitur Single Sign-On (SSO), memungkinkan pengguna masuk ke Knowledge Management System (KMS), Learning Management System (LMS), dan Talent Management System (TMS) hanya dengan satu kredensial. Dengan integrasi login credential yang sama, kini pengguna dapat merasakan kemudahan yang serupa baik di platform web maupun mobile, tanpa perlu login berulang dan membuat pengalaman pengguna lebih lancar dan efisien.
Akses login ke Portaverse dibatasi hanya untuk pekerja yang telah mendapatkan izin dan telah mengikuti standar operasional prosedur (SOP) Pelindo Group. Pembuatan akun secara mandiri tidak dimungkinkan; setiap permintaan harus disetujui oleh pengelola Head Office dan aktivasi akun dilakukan melalui bantuan Helpdesk Portaverse.
Langkah-langkah ini diambil untuk memastikan keamanan dan pengelolaan akses yang terkontrol sesuai dengan kebijakan perusahaan.
Untuk login ke Portaverse, pengguna diwajibkan menggunakan alamat email perusahaan sebagai username. Password yang digunakan harus terdiri dari lebih dari 6 karakter, dengan kombinasi alphanumerik dan huruf kapital. Adapun tata cara untuk login atau akses ke Portaverse sebagai berikut,
Buka Halaman Login:
Akses portal Portaverse melalui browser web atau mobile app
Masukkan Username:
Gunakan alamat email perusahaan yang telah didaftarkan sebagai username pada kolom yang disediakan.
Isi Password:
Ketikkan password Anda yang terdiri dari lebih dari 6 karakter (mencakup kombinasi huruf besar, huruf kecil, dan angka)
Klik Tombol Login:
Tekan tombol "Login" untuk mengirimkan informasi login.
Akses Fitur dan Sistem:
Setelah berhasil login, Anda dapat mengakses berbagai fitur, seperti KMS, LMS, dan TMS, sesuai dengan hak akses yang telah ditetapkan.
Logout dengan Aman:
Jangan lupa untuk logout secara aman setelah selesai menggunakan Portaverse untuk menjaga keamanan akun Anda.
Akses Portaverse melalui link yang tersedia pada tabel berikut:
Web Portaverse
Website Version
iPhone Mobile App
Mobile Version
Android Mobile App
Mobile Version
Untuk melakukan verifikasi terhadap kepemilikan akses Portaverse, Anda dapat melakukan dua cara berikut:
Cek Akun Secara Admin Hubungi Admin Helpdesk, Admin akan mencoba mencari user terkait berdasarkan Email, NIPP atau Nama Pegawai pada menu Master Pegawai. Kemudian Admin akan mengkonfirmasi ketersediaan akses berdasarkan data yang telah dicek.
Jangan khawatir, jika Anda telah memiliki akun dan terdaftar di Portaverse namun tidak bisa masuk, Anda dapat segera menghubungi Helpdesk Portaverse untuk dibantu pemulihan akun dan kendala yang dialami. Biasanya, kegagalan login dapat terjadi akibat:
Akun di Archive/Soft-banned.
Masalah Jaringan (Firewall, Restriksi Network Private, Whitelist Domain).
Username atau Password salah.
Jika Anda belum terdaftar atau belum memiliki akun untuk mengakses Portaverse, Anda perlu menyiapkan beberapa data administrasi berikut untuk mendaftar akses ke Portaverse:
Identitas Personal
Nama Lengkap
Tempat Tanggal Lahir
Nomor Telepon
Pas Foto
Identitas Kepegawaian
NIPP Baru (6 Digit)
NIPP Lama
Unit Kerja & Group
Posisi Jabatan
Email Korporate (@pelindo.co.id)
File SK Penugasan Terakhir
NIPP & Nama Atasan Langsung
Anda perlu menunggu verifikasi data selesai oleh tim HO Kantor Pusat (sekitar 7-10 hari kerja), baru kemudian akan dibuatkan akun oleh Admin Portaverse. Informasi keberhasilan aktivasi akan disampaikan melalui WhatsApp yang dikirim.
Kendala lupa password sering terjadi terhadap user yang jarang melakukan re-login atau mengakhiri sesi setelah selesai beraktivitas di Portaverse. Jika Anda mengalami kendala lupa password atau membutuhkan perubahan password, ikuti langkah-langkah berikut ini:
RESET / UBAH PASSWORD MANDIRI
Untuk melakukan perubahan atau reset password akun Portaverse, Anda dapat dengan mudah mengakses laman Portaverse via Laptop/PC.
Dari laman login, Anda bisa klik menu Reset Password dan ketikkan email corporate Anda yang terdaftar di Portaverse. Klik tombol Kirim Kode OTP.
Kemudian, Anda bisa membuka kotak masuk email corporate Anda dan akan ada email dari Portaverse berisi link reset password.
Buka link tersebut dan masukkan password baru yang terdiri atas enam digit (kombinasi huruf besar, huruf kecil, karakter spesial, dan angka).
Lalu, klik tombol Reset Password. Bila sudah, silahkan kembali lagi ke laman login Portaverse dan ketikkan email corporate Anda beserta password baru yang sudah di-reset.
RESET / UBAH PASSWORD VIA ADMIN
Untuk melakukan perubahan atau reset password akun Portaverse via Admin, Anda dapat melaporkan kepada Helpdesk Portaverse dengan menginfokan Nama, NIPP Baru, serta email corporate yang terdaftar.
Admin akan mengecek terlebih dahulu alamat email corporate yang terdaftar dari pegawai terkait melalui fitur Employee yang terdapat di Portaverse Knowledge.
Bila sudah sesuai, Admin akan masuk ke laman spreadsheet endpoint untuk mengubah password akun Portaverse.
Admin akan membuat password unik, kemudian meng-klik endpoint.
Kemudian, Admin akan melakukan percobaan login terlebih dahulu untuk memastikan password telah berhasil diubah.
Bila sudah berhasil, Admin akan menginfokan kepada pegawai password baru akun Portaversenya.
Cek Akun Secara Mandiri Lakukan pengecekan email Anda melalui fitur . Masukan email Anda dan klik Kirim Kode OTP. Jika email belum terdaftar maka akan muncul tulisan 'Sending reset link fails', ini berarti Anda tidak memiliki akses masuk kedalam Portaverse dan perlu melakukan daftar akun dan aktivasi ke Helpdesk Portaverse atau KM Admin di Unit masing-masing.
Lengkapi dan siapkan data diatas, kemudian Anda bisa mengisi form Aktivasi Akun Portaverse yang terdapat pada link .